My Travel Diary

Penitipan Koper di Amsterdam Centraal Station

Penitipan koper di Amsterdam Centraal Station ini memang bisa bikin hati senang dan tenang. Upaya googling  dari sebelum berangkat, tentang penitipan koper di Eropa khususnya Amsterdam ini karena saya cuma satu hari di Amsterdam. Jadwal saya di Amsterdam pagi hari dan malamnya sudah ke Nuremberg (Germany), waktu itu jadi mikir bagaimana caranya supaya kita gak bawa-bawa koper pas jalan-jalan di Amsterdam? Yhaaa kayanya emang harus dititipin nih gembolan.

Amsterdam Centraal Station – pic from https://www.amsterdamtips.com

Luggage locker atau tempat penitipan koper di Amsterdam Central letaknya di dalam station pada sisi kanan Amsterdam Central Station dan beroprasi dari jam 5.00 Am – 1.00 AM. Awal kedatangan, saya mengikuti petunjuk dari google mencari penitipan koper ini, tapi malah nyasar kemana-mana. Akhirnya nanya ke salah satu petugas dan ternyata sebenernya gak susah juga letaknya, karena ada petunjuk di beberapa tempat lorong stasiun.

luggage locker Amsterdam Centraal – pic from https://www.amsterdam.info

Hal yang bikin saya terkedjoet adalah pas sampe penitipan koper yang ternyata rame dan kehebohannya kaya lagi pada midnight sale, I kid you not sodara-sodara, prepare yourself! Jadi tuuh, Amsterdam Centraal memang stasiun pusat di Belanda, stasiun besar, tempat transit, ya gak heran rame banget termasuk tempat penitipan kopernya. I was not alone. Banyak juga pelancong (tentunya) yang berpikiran sama kaya saya, nitip koper terus jalan-jalan, sorenya ambil, terus ciao! Jadi, pas sampe di tempat penitipan koper, semua fully occupied! Padahal masih jam 09.00 pagi.

Kira-kira sampai 20 menit kita mondar-mandir nyari locker yang masih kosong dan hasilnya nihil. Mulai panik dan kesel karena kita kan kejar-kejaran ama waktu juga. Mana koper kita itu koper yang ukuran paling gede dan locker untuk ukuran yang paling besar lebih sedikit jumlahnya daripada yang berukuran sedang dan kecil. Akhirnya pakcik punya akal nih dan kayanya lumayan berguna bagi yang ada niat menitipkan koper di Amsterdam Central Station.

Jadi, kita nunggunya tidak lagi di lorong locker tempat orang-orang mondar-mandir nyari pakai sistem siapa cepat dia dapat, tapi pakcik suami nunggu di pintu masuk. Ketika terlihat ada orang masuk gak bawa koper, langsung disamperin sambil nanya “apakah mau ambil luggage dan udah selesai?”, kalau dia bilang iya dan ukuran lockernya cocok sama ukuran kita, langsung deh kita ikutin tuh :))). Cara ini berhasil, nggak sampai 10 menit saya udah sibuk masukin koper kita yang segede bak mandi itu ke dalam locker.

Harga sewa Luggage Locker di Amsterdam Centraal

 

Ada dua ukuran locker di Amsterdam Centraal, ukuran locker paling kecil 90x45x40 cm dengan harga EUR 7.00 untuk 24 jam pertama. Ukuran locker paling besar 90x60x40 cm dengan harga EUR 10 untuk 24 jam pertama. Kayanya koper ini juga bisa menginap di locker dengan maksimal penambahan waktu selama 9 hari dengan biaya tambahan tentunya. Info update terkait durasi bisa lihat di link ini ya.

Cara penggunaan dan pembayaran sewa Luggage Locker di Amsterdam Centraal

  1. Setelah memasukkan koper di locker yang tersedia, tutup locker dan jangan lupa harus hafal nomer lockernya, kalau perlu difoto aja
  2. Setelah itu ke mesin pembayaran (seperti mesin ATM) yang ada di setiap lorong locker.
  3. Disini kita akan diminta untuk memasukkan kartu. Nah, ternyata tidak bisa bayar pakai uang tunai, hiks. Jadilah terpaksa gesek Credit Card. Sempet drama karena ternyata diminta pin untuk konfirmasi pembayaran, sementara saya lupa pin cc karena di Jakarta jarang banget saya pakai pin untuk penggunaan credit card.

    Tempat untuk pembayaran luggage locker Amsterdam Centraal – pic from https://www.lockerpoint.com

  4. Setelah pembayaran diterima, maka locker akan otomatis terkunci dan kita akan dapat locker key berupa barcode pada kertas dari mesin untuk membuka locker. Kertas barcode ini kalau hilang bakal kena EUR 10 dan bonus keribetan :D.
  5. Tips terakhir, make sure ambil barang-barang yang akan dibawa sebelum locker terkunci, karena kita gak bisa buka-tutup locker seenaknya. Kalau sudah bayar dan terkunci, begitu kita scan barcode untuk membuka, maka sewa locker dianggap selesai. Jadi untuk mengunci lagi akan dikenakan pembayaran lagi.

 

Waktu ambil koper di Amsterdam Centraal, kalau siang atau pagi jangan harap sepi kaya gini

Sejak menitipkan koper di Amsterdam ini, saya ketagihan nitip koper saking malasnya geret-geret hahaha. Jadi setiap sampe di kota tertentu, selalu ngarep ada penitipan koper 😀 (yang sayangnya gak di semua kota, saya bisa menitipkan koper). Kalau gak salah, di Salzburg juga saya nitip koper karena kian berat heuheu.

Nah beres deh! abis itu saya dan pakcik bisa jalan-jalan di Amsterdam dengan tenang tanpa koper kita yang kalo digeret kok beratnya kaya dosa T__T.

 

Facebook Comments

2 thoughts on “Penitipan Koper di Amsterdam Centraal Station

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *