Mencari Rekomendasi Travel Insurance Terpecaya? Asuransi Travellin Aja!

 

Mendengar kata ‘Asuransi’ pasti timbul banyak anggapan di benak teman-teman. Ada yang mengatakan asuransi penting, tapi kalau dibayarkan perusahaan. Kalau bayar sendiri? Hmm.. *masih pikir-pikir dulu hehe. Ada yang mengatakan, “penting sih, tapi nanti dulu deh kalau mau ikutan” nanti-nanti-nanti sampai lebaran tahun depan, tidak tahunya belum ikut asuransi juga. Malahan, ada lho yang tidak peduli. Karena memang harus diakui, kesadaran mengikuti asuransi atas kemauan sendiri di negara kita ini memang masih jauh sekali. Sebagian besar selalu menganggap membayar asuransi (atau yang disebut premi) adalah beban yang memberatkan saja. Banyak yang tidak tahu, kalau asuransi itu ibarat sekoci di kapal Titanic. Waktu naik kapal yang mewah, mana ada yang kepikiran sama sekoci kan?, yang penting menikmati kemewahannya, makanan enak dan segala fasilitas ‘wah’ lainnya. Pemilik kapal mungkin hanya menyediakan sekoci seadanya saja. Kemudian, ketika musibah tiba, ketika itu juga semua berebut untuk mencari sekoci untuk menyelamatkan diri. Benda yang dipandang sebelah mata yang bernama sekoci mendadak menjadi benda terpenting di saat musibah itu datang.

Nah, seperti itulah kurang lebih gambaran pentingnya asuransi. Asuransi baru disadari pentingnya ketika musibah datang. Ketika seseorang terlanjur sakit, tetapi tidak ada asuransi kesehatan. Ketika seseorang mengalami musibah mobilnya tertabrak, tetapi belum punya asuransi mobil yang bisa mengganti biaya kerusakan mobilnya. Ketika seseorang yang rumahnya terkena musibah kebakaran, tetapi tidak punya asuransi kebakaran. Atau ketika seseorang sedang liburan, lalu terkena musibah kecopetan atau kehilangan bagasi, tetapi tidak punya asuransi yang bisa menggantikan kerugian atas kehilangan tersebut. Akibat terlalu acuh, ‘nangis bombay’ kemudian!. Padahal, tahu tidak sih? Kalau biaya asuransi besarannya tidak seberapa jika dibandingkan keuntungan yang kita dapat ketika musibah datang?

Saya pernah banget kena musibah ketika traveling. Kembali ke tahun 2009, ketika saya dan teman kecopetan di Hanoi, Vietnam. Kecopetan yang berbuah petaka. Selain dompet dan isinya hilang, paspor pun yang merupakan ‘belahan jiwa’ ketika kita di luar negeri, ikut raib. Akibatnya, kami harus mengurus dokumen pangganti paspor di Kedubes Indonesia di Hanoi yang memakan waktu berhari-hari. Sebagai konsekuensi, beberapa tiket pulang pun hilang, yaitu Hanoi – Singapore, Singapore – Indonesia. Bisa dibayangkan berapa kerugian kami waktu itu? *gigit jari. Musibah lain ketika traveling yaitu ketika bagasi saya hilang entah kemana sewaktu pulang dari Lombok tahun 2010. Jadi ketika saya sudah di Jakarta, bagasi saya tinggal nama saja, alias raib!. Waktu itu yang ada hanya kerugian dan penyesalan membayangkan segala oleh-oleh, pakaian liburan kesayangan yg hilang. Padahal, ketika hobby traveling kian booming, saat itu juga terdapat banyak pilihan asuransi perjalanan yang beragam. Tetapi, berapa banyak dari kita yang peduli mengikuti asuransi perjalanan? Hayoo, ngaku! Pasti kebanyakan hanya concern sama itinerary dan keseruan selama liburan bukan?

Tanpa disadari, sekarang banyak yang memberikan kemudahan untuk mengikuti asuransi selama liburan. Semenjak kena ‘sial’ saat liburan, saya pun mulai mencari-cari asuransi perjalanan yang tepat. Nah akhirnya, ketemu deh di web https://travellin.co.id/.

Travellin adalah sebuah website yang memberikan kemudahan bagi travelers untuk mengikuti asuransi perjalanan secara online, sehingga acara liburan kita lebih aman dan gak perlu deg-degan lagi kalau terjadi sesuatu musibah yang tidak kita inginkan selama liburan. Kebetulan, dalam waktu dekat saya mau berlibur ke Medan dan sekarang buat saya sih wajib selalu mengikuti asuransi perjalanan kalau mau liburan. Jadi saya tidak perlu berfikir lama daftar ke https://travellin.co.id/ untuk mengambil salah satu dari paket asuransi yang ditawarkan. Oh iya, Travellin ini merupakan salah satu produk dari PT Asuransi Adira Dinamika, sebuah perusahaan asuransi yang ternama dengan reputasi yang baik di tanah air, jadi kita sebagai konsumen, kita tidak perlu khawatir.

Di web https://travellin.co.id/ kita tidak hanya bisa daftar secara online saja, tetapi dapat mengajukan claim secara online juga lho! Oke banget kan. Cara pertama, kita bisa mendaftar terlebih dahulu lalu pilih kota asal dan kota destinasi liburannya, serta jangan lupa memasukkan tanggal keberangkatan dan durasi selama kita berlibur, seperti gambar berikut :

1-register

 

2

 

PAKET DOMESTIC

Hal yang buat saya happy, Travellin langsung memberikan rekomendasi pilihan paket yang sesuai untuk perjalanan saya. Seperti di bawah ini contohnya, saya direkomendasikan untuk mengambil paket Domsetik yaitu DOMESTIC GOLD atau DOMESTIC SILVER.

3

Sebelum memutuskan, saya juga dapat melihat penjelasan secara rinci untuk masing-masing paket.

domestic-gold

 

domestic-silver

Sebenarnya, selain kedua paket tersebut, terdapat juga Paket Domestik lainnya yaitu SILVER PLUS yang merupakan paket domestik dengan proteksi yang paling lengkap karena mempunyai perluasan jaminan.

silver-plus

 

silver-plus-perluasan

 

Intinya, paket domestik ini cocok untuk kita yang berlibur di area wilayah Indonesia saja. Jika saya mengambil DOMESTIC GOLD untuk perjalanan saya ke Medan, selama dua hari untuk dua orang, saya hanya perlu membayar Rp48.000 saja atau Rp12.000/hari/orang, dengan manfaat yang akan saya dapatkan hingga Rp75.000.000. Harga yang cukup murah sekali jika dibandingkan dengan benefit yang saya dapat ketika ada musibah yang tidak diinginkan terjadi.

quotation

 

Cara pembayaran yang ditawarkan di web Travellin ini juga sangat memudahkan saya, karena ada banyak menu pembayaran yang dapat disesuaikan. Kita bisa bebas memilih, mau membayar dengan menggunakan credit card, online banking, e-walet atau transfer via ATM. Sehingga saya bisa memesan asuransi perjalanan kapan saja dan dimana saja. Setelah membayar, tinggal duduk manis menunggu polis asuransi dikirim ke email saya.

 

payment

 

PAKET WORLDWIDE & PAKET ASIA

Tidak hanya menawarkan paket asuransi untuk wilayah domestik saja, Travellin juga menyediakan paket lain buat kita yang ingin melakukan liburan ke luar negeri. Misalnya saja, Paket WORLDWIDE PREMIER yang mencakup perjalanan ke seluruh dunia dengan manfaat hingga USD100,000 dengan premi sebesar USD3.25/hari untuk satu orang. Bahkan pada Paket WORLDWIDE PREMIER juga tersedia untuk peserta group dengan premi USD3/hari/orang dan untuk family dengan premi sebesar USD5/hari/keluarga.

Sedangkan WORLDWIDE EXECUTIVE, traveler bisa mendapatkan manfaat sampai dengan USD50,000 hanya dengan membayar premi asuransi sebesar USD2.5/hari/orang atau untuk USD4/hari/keluarga untuk family dan untuk group adalah USD2/hari/orang.

 

worldwide-premier

 

asia

Dari table di atas, dapat dilihat bahwa Travellin juga menyediakan paket ASIA. Sehingga sekiranya saya hanya traveling ke negara-negara Asia, saya bisa membayar premi asuransi lebih murah dengan manfaat yang tidak kalah oke dengan paket WORLDWIDE. Happy banget bisa nemuin pilihan asuransi perjalanan yang mengerti kebutuhan traveler!

 

CARA MELAKUKAN CLAIM?

Udah ya begitu saja? Nanti duluu.. Terkadang, kita maunya mendapatkan hak tanpa memperhatikan kewajiban kita. “Loh, kewajiban kan sudah kita jalankan dengan membayar premi”. Betul!.

Tetapi ada satu lagi yang kadang luput dari perhatian kita ketika membeli sebuah layanan asuransi, yaitu CARA MELAKUKAN CLAIM. Sering lho, kita tidak memperhatikan atau tidak membaca terms and conditions, sehingga ketika mengajukan klaim, banyak dokumen yang lupa kita sertakan atau lupa melaksanakan tahapan proses yang harus kita lakukan untuk mengajukan klaim. Ujung-ujungnya kita ngomel, padahal mungkin kita yang kurang teliti. Untuk menghindari hal-hal tersebut, yuk kita simak CARA MELAKUKAN CLAIM di Travellin :

claim-1

 

claim-2

Nah, dari info di atas, saya jadi paham, kalau klaim harus diajukan maksimal 30 hari setelah kejadian dengan melakukan laporan melalui:

  1. Call Center
  2. Website Travellin

 

Mudah sekali ya? Ketika musibah terjadi saat kita sedang traveling di luar negeri, tidak perlu repot menghubungi call center yang bisa mengakibatkan tagihan telephone ‘membengkak’, karena bisa segera melakukan klaim via web Travellin. Kemudian, jangan lupa untuk mengirimkan dokumen pendukung untuk claim, selambat-lambatnya 60 hari sejak tanggal terjadinya musibah. Got it?

Bagi saya, web Travellin ini sangat user friendly, terutama bagi pihak awam mengenai asuransi. Saya juga sempat membaca di section HELP yang dan sangat jelas sekali menginformasikan terms and conditions atau hal-hal lain yang terkait, seperti tata cara claim hingga cancellation. Jika masih kurang jelas pun kita bisa menghubungi call center Adira di 1500-456.

help

 

Ah, bahagia dan tenang rasanya, travelling kali ini dan perjalanan liburan saya yang akan datang tidak perlu lagi deg-degan dan khawatir jika sesuatu terjadi. Semua sudah tercover dengan baik di Travel Insurance Travellin dari Asuransi Adira Dinamika, seperti mottonya : More Travel, Less Worries!

 

Facebook Comments

2 thoughts on “Mencari Rekomendasi Travel Insurance Terpecaya? Asuransi Travellin Aja!