Ming Tomb – Makam Para Raja

Saya memilih mengunjungi Mingtomb ini, bukan karena suka sejarah sih, karena ikut-ikutan aja hahaha. Jgn ditiru ya teman temin..! Jadi Mingtomb ini suka dijadikan satu hari sama Greatwall dalam paket-paket tour. Jadi yah, why not deh, sekalian membuka mata tentang sejarah dinsati cina (ini pencitraan banget, padahal disana saya asyik foto-foto aja, tour guide kemana, saya kemana, hyuuk).
 
Gerbang Mingtomb. Gerbangnya aja luas banget kan?
Mingtomb adalah kuburan kaisar di jaman Dinasti Ming. Letak Mingtomb di bagian utara Beijing. Untuk sejarahnya, silahkan google aja deh ya? I’m not good in history 😛 , sebenernya si tour guide agak-agak bingung juga, sementara wisatawan dari argentina dan pasangan dari London asik nyimak, saya asik loncat-loncat ganti ganti spot foto :D.
  

Denah Makam

Apa sih istimewanya Ming Tomb ini? Cuma kuburan doang? No. Ini makam 15 kaisar dari dinasti Ming. Makam-makam yang saya kunjungi terletak di bawah tanah dengan kedalaman kurang lebih 27 meter dan luaas banget. Ya, tentunya tidak semua yang saya kunjungi, cukup beberapa.
  
Salah satu terowongan menuju makam bawah tanah
Tidak menyeramkan kok, hanya pas menuruni tangga semakin ke bawah, udara semakin sejuk. Udah gitu, tembok dan lantai dilapisi dinding marmer dengan tinggi ruangan kurang lebih 10 meter. Makam yang ‘wah’ ya?
  
Turun dan terus turun. Udaranya sejuk.
Salah satu bagian yang unik adalah, ada peti-peti (atau replika, saya kurang tahu) yang dipagari, dan di halaman pagar itu penuuh dengan uang. Info dari si tour guide, wisatawan cina yang masih percaya mitos, masih suka memberikan uang kepada makam-makam tersebut. Dipercayai, bahwa kita sebagai orang yang hidup, harus tetap memberikan kesejahteraan kepada kaisar tersebut, niscaya kaisar akan membalas dengan memberikan kesejahteraan pada kehidupan si pemberi uang.
  
Pengen ngambil takut ketula 😀
Jalan ke Mingtomb ini lumayan capek, gak kebayang kalo kesana pas lagi summer, untuk kemarin panas-panas sejuk.. itu pun ngos-ngosan (faktor U). Oh ya, konon dulu, hanya raja-raja yang boleh masuk kesini dengan kuda. Mitos lain atau tradisi lain adalah saat keluar dari gate utama Ming Tomb, kita semua harus menghentak-hentakkan kaki sambil bilang (dalam bahasa cina) “Setan-setan, jangan ikut saya, sampai disini saja” *diikuti gerakan bersih-bersih di pundak masing-masing* . Saya (dan turis-turis lain)  teman-teman pun melakukannya atas petunjuk Tour Guide :p
Facebook Comments