Hanoi : Murah Meriah :)

Inilah inti perjalanan saya. Hanoi.

Sampai di Hanoi jam 00.05, tengah malem.. keluar dari pesawat grrr…. Dingiin. Di sana memang lagi memasuki musim dingin. Suhu tercatat 20 derajat. Tapi kok rasa-rasanya, lebih dingin dari penunjuk temperatur yang tercatat di seperjalanan. Dan yes, saya saltum abis. Memakai hot pants sisa-sisa Cambodia, kaos dan jaket gaya (bukan jaket buat dingin).

Saya dijemput make mobil sejenis limo, salah satu fasilitas dari hotel. Yah, bayar sih, beda sama di Siam Reap yang pick-up free, tapi berhubung saya tau, kalau banyak scam taksi di hanoi, saya prefer bayar taksi resmi via Hotel. Gaya deh, berasa turis bule hehe.. jarak Bandara ke kota Hanoi kira-kira satu jam. Tapi jangan harap baliknya juga satu jam. Kalo jam normal, jalanan juga kena macet layaknya Jakarta. Di perjalanan menuju Hotel, saya melihat ada developer Ciputra gede banget.. Ternyata, Ciputra udah melebarkan sayap sampai Hanoi, dengan gate gaya khas Ciputra yang mewah.

Sampai di kota Hanoi, kotanya sudah sepi dan sunyi.. waktu menunjukkan jam 01.00, saya langsung diantar ke hostel yang sudah saya booking online. Ternyata hotel yang saya pesen masuk-masuk gang.. waduh, perasaan pesen udah hati-hati banget, sampe liat peta segala dimana letak hostel yang gak jauh dari pasar dan Hoan Kiem lake.. tapi ya sudahlah, toh sudah terlanjur..

Di receptionist kelihatan beberapa computer berjejer, horee.. kata forum benar.. hampir semua hostel menyediakan internet gratis.

Dsc_0167

Suasana di Depan Hostel, Pagi Hari

Sesampainya di kamar, wow!! Kamarnya gedee… tempat tidur queen satu dan single satu, lemari besar, air panas, AC, TV dan kulkas. Kamar mandi bersih.. ini sih untuk harga yg saya bayar, more than enough. Ini yang saya suka dari hanoi. MURAH.

Dsc_0157

 kamarnya 

Sebelum masuk kamar, saya sempet ketemu sama mas-mas receptionist, dan inilah diaa… bahasa inggris versi Vietnam. Ah kaliannn.. haruslah ke Vietnam, menyaksikan orang Vietnam berbahasa inggris.. sungguh ajaib.

“do you want to wook a thoar?”

Saya mikir keras. Dia mengulang perkataannya, dan menambahkan

“thoar? Halong bay? Or city thoar?”

Lha, ternyata : do you want to book a tour? -_-

Baiklah, cukup membingungkan untuk perkenalan. Untungnya saya sudah booking untuk Halong bay tour.

Oh iya, di sana city tour dan Halong bay tour atau segala jenis tour bertebaran dimana-mana. just beware. Teman-teman harus tau average price tour sebelum berangkat ya. Biasanya, di hostel tempat kalian menginap lebih murah (makanya, cari hostel yang di rekomendasikan di hostelworld.com atau tripadvisor maupun lonely planet). Saya sendiri booking halong bay tour lewat Sinh café, salah satu travel tour yang terkenal di Vietnam dengan harga murah, atas rekomendasi bakcpaker dan Lonely planet. Tapiii, hati-hati yaa.. banyak copy cat sinh café dimana-mana.. sinh café yang asli telah merubah namanya, detailnya akan saya tulis dibawah ya.

 

Disini semua paket mengecualikan air minum. Aneh si memang.. tp mungkin itu ciri khas hanoi. Minum Bayar. Termasuk di hotel.

Cerita tentang Hanoi City, di postingan selanjutnya yah 🙂

 

Summary Info:

Hostel: Travellers house USD18/night

Halong Bay tour: USD21/each (lunch + boat + pick up Hanoi – Halong – Hanoi)

Trave tour recommended: http://www.sinhcafevn.com/

 

Facebook Comments