Halong Bay

Berdasarkan booking online, saya akan dijemput jam 08.00. Sebelum tour, saya sudah memutuskan mau booking city tour untuk keesokan harinya di hostel tempat saya mennginap aja.. harga lebih kooperatif dan tempat kunjungan bisa di tawar-tawar hehe.. oiya, Jgn lupa untuk selalu membawa catatan mengenai data apa saja yang telah di booking, seperti travel tour, dll karena kalau ada apa-apa pihak hostel bisa bantu kita untuk telfon.

Pas bangun pagi di Hanoi, seneng banget merasakan sejuk udara di Hanoi.. di depan tpt hostel saya menginap (yg letaknya di gang) ternyata banyak orang jualan Pho dan bunga.. aah, tidak menyesal booking di Hostel tersebut, krn baru beberapa langkah keluar dari gang, blaarrr.. pasar!!!

 

Dsc_0196

duduk-duduk sarapan

Horeeeeee… gak jauh dari situ, tinggal jalan kaki, ketemu Hoan Kiem Lake..

Dscn2245

my favorite scene in Hanoi

horeeee lagii!! deket kemana-mana.. ternyata didaerah situ memang banyak banget bertebaran hostel, harga bersaing, fasilitas standar.. jd jangan khawatir, kalau mau menginap cari aja di deket old market/ Cho Dong Xuan Market atau Hoan Kiem lake district ya.. deket juga dari KFC, krn di Vietnam susah banget cari makanan halal.. padahal bau makanannnya sungguh menggoda..

Setelah di jemput sama sinh café, saya langsung naik van.. van nya bagus.. adakah pemerintahan Indonesia memfasilitasi turis2 dengan akomodasi seperti ini ya?

Dscn2268

Van Tour Halong

 

Jarak Hanoi – Halong 3.5 jam lebih.. jauh yaa.. tepos pantat part II. Saya satu van sama bule2, dan beberapa orang jepang. Gak sabar untuk sampe ke Halong Bay.. pemandangan di seperjalanan bagus dan kadang membosankan tentunya.. mendekati Halong bay harbour, sudah keliatan bukit-bukit dan batu-batu besar berhamparan di laut.. oh inilah inti perjalanan saya. The Halong Bay.

Di halaman Harbour halong bay, rameeee banget sama turis-turis dan jarang banget saya nemuin orang asia, most of them were western..

    

udah kaya pasar bule, halaman harbournya.. Bentuk kapalnya unik model wooden gitu, sayang gak ada yg layarnya dibuka seperti gambar-gambar yang saya lihat.., tapi tetap bagus kok!

Menurut saya, Halong Bay bagus banget, ada ratusan batu-batu besar yang menjulang di hamparan lautan. Beberapa di antaranya mempunyai gua-gua yang bisa kita lewati dengan perahu kecil.

                                                         

Dscn2137

 

Halong Bay

                                                    

 

Dscn2103
Dsc_0218
Dsc_0094

Thien Chung C ave

Thien Chung Cave itu (silahkan googling penulisan yg bener gimana ;p) di dalamnya ada banyak stalagmite dan stalagtit yang cantik karena dihiasi lampu warna-warni. Saya kagum aja, kalau negara Vietnam juga pintar melihat potensi pariwisata yang ada, karena gua ini difasilitasi akses yang baik dan juga udah kepikiran untuk dihias lampu warna-warni hehe

                     

Dsc_0105
Dsc_0012

                                                Canoe                                                

 

Dsc_0119

ramai

Dalam tour halong ini, nanti akan ada sesi dimana kita bisa memilih untuk kayaking  atau naik perahu kecil bareng-bareng. Saya memilih yang terakhir, berhubung takut nyasar aja di halong bay dayung dayung perahu sendiri hehe. Saya gak tau mana yang lebih enak, yang jelas kalo kayaking dayung-dayung aja gitu kan dan lebih lama aja jalannya..

Lama tour halong bay kira2 empat jam. Dan jam lima sore kita harus sudah kembali ke Hanoi (yang memakan waktu 3.5 jam).

Sampai di Hanoi jam 20.30, kita sepakat ingin segera dan tak sabaaaaar mau ke pasar malam untuk belanja. Aha! This is (always) my favorite things.. buy something buy something until you realize that you have spent a lot of money for clothes and you are crying out loud staring your empty wallet ^ ^

Dan, bergegaslah kita ke pasar itu yang letaknya dekat sekali dengan tpt kita menginap.. ohooooo ramaaiiii… dan murah-murah-murah-murah.. saya sibuk liat kiri kanan, ah kalau saja saya pergi dengan ibu-ibu tukang belanja teman seperjuangan, pastilah duit saya raib saat itu juga. Pasar ini benar-benar berpotensi menjadi tuyul yang hebat setelah tuyul-tuyul di ambas..

 

Disini bahasa inggris orang viet kan ble’e banget ya, jadi siap-siap ngotot make urat nawarnya, itu juga uratnya bukan dimulut, tapi ditangan make kalkulator.. jangan lupa belanja pake VND jgn USD bisa rugi dikiit, karena kalau kalau kita bayar pake USD dia balikin kembalian make VND. Hehe

Berbagai macam coat dan jaket model lucu-lucu banget.., ambas? Lewaaat, mangga dua? Tewaas, apa lagi apa lagi? Sency? Ya jelas lewat murahnya 😀

Mungkin karena disana lagi mau masuk musim dingin, ya ampun itu sweater lucu lucuuu banget huhuhuhu.. shawl-shawl juga.. **mengingat2 sudah ada beberapa shawl menggantung di lemari**, akhirnya saya beli juga shawl warna biru dangdut.. biar macam dewi persik sikit lah.

Setelah capek kebingungan (kebingungan mau dibeliin apa sementara baggage harus tetep 15kg) saya jalan-jalan di sekitaran hoan kiem lake. Karena malem minggu.. disitu banyak yang mojok, memang danaunya romantis sih? Apa saya aja yang mellow ya hehe

 

Dsc_0130

Hoan Kiem Lake, romantis yaa 🙂

Facebook Comments

0 thoughts on “Halong Bay

  1. Mine

    Baca Ini jd inget waktu di vietnam…pertama tau jdwl trip kykny g bgt vietnam kt orng negarany krng bgs,,pas sdh disana aiihhhh..pengennn kesanaaa lgiii…😭

    1. neng ayu Post author

      hehe iyaa aku pun suka rindu sama vietnam, apalagi Pho nya.. lembut dan gurih! Rindu sama Hoan Kiem Lake yang kalau mau masuk winter, mendadak jadi romantis, rindu naik becak di tengah kota yang sejuk 🙂